Cara Menjadikan Aplikasi Android Mendukung Multi Screen

  • Post
    codeorayo
    Keymaster
    none
    Setelah sebelumnya saya telah membagikan tutorial tentang agar Aplikasi memiliki dukungan banyak bahasa.Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan Cara agar Aplikasi Android Mendukung Multi Screen. Maksud dari Multi Screen ini agar ketika kita membuat Aplikasi Android seperti di Android Studio. Aplikasi kita bisa mendukung banyak ukuran layar/tampilan dari berbagi jenis gadget.Seperti tampilan  Smartphone dan Tablet ,Seperti pada gambar dibawah:

    [img width=400,height=270]https://3.bp.blogspot.com/-H41vo52NY54/VmVMwGQ5i5I/AAAAAAAAEAo/X2aloSBGlXM/s400/Cara-agar-Aplikasi-Android-Mendukung-Multi-Screen.png[/img]

    Perlu kalian ketahui juga, Android mengkategorikan perangkat layar menjadi dua jenis yaitu : size dan density.  size : ukuran sedangkan density : kepadatan atau kerapatan. Aplikasi Android yang berkualitas pastinya bukan hanya sekedar tema atau kontennya saja. Akan tetapi Aplikasi Android yang berkualitas, adalah Aplikasi yang mendukung tampilan dari berbagi jenis ukuran size dan density. Jadi kalian harus mengoptimalkan tampilan kalian agar bisa mendukung jenis size dan density yang berbeda.

    • Secara umum size terdiri dari 4 jenis  yaitu : small ,normal ,large,xlarge

    • Begitu juga density terdiri dari 4 jenis yaitu : low (ldpi), medium (mdpi), high (hdpi), extra high (xhdpi)


      Membuat layout berbeda jenis

      Seperti  halnya pada kalian membuat Aplikasi agar mendukung banyak bahasa ,di sini juga kalian harus membuat folder yang berbeda dari folder layout biasanya(maksud : membuat folder layout terpisah ) . Untuk  mengoptimalkan Aplikasi kalian agar mendukung berbagai jenis layar,kalian harus membuat nama layout unik berbeda tiap xmlnya. Kalian bisa menambahkan nama layout dengan tambahan  . Contohnya seperti res/layout-large/.

      Quote:


      ProjectKalian/

          res/

              layout/

                  main.xml

              layout-large/

                  main.xml

    Untuk nama file .xml harus persis sama namun isi kontenya dibuat berbeda agar mendukung banyak UI(User Interface) dan juga untuk ukuran layar yang sesuai dengan jenis perangkat.

    Contoh lain jika layar/tampilan kalian mendukung landscape bisa tambahkan nama -land. Seperti dibawah ini:

    Quote:


    ProjectKalian/

        res/

            layout/

                main.xml

            layout-land/

                main.xml

    Secara default layout/main.xml  digunakan untuk orientasi portrait. (Baca : portrait = vertikal landscape = horizontal).

    Jika kalian ingin mengkombinasikan layout khusus untuk landscape, termasuk juga layar besar, maka kalian  perlu menggunakan tambahan large dan land sebagai syarat :

    Quote:

     ProjectKalian/

        res/

            layout/              # default (portrait)

                main.xml

            layout-land/         # landscape

                main.xml

            layout-large/        # large (portrait)

                main.xml

            layout-large-land/   # large landscape

                main.xml

    Membuat bitmap berbeda jenis

    Kalian harus menyediakan sebuah resource dengan jenis skala yang benar(baca : resources maksudnya gambar atau bahan desain yang berhubungan dengan tampilan). Seperti yang saya sudah sebutkan tadi,secara umum density terdiri dari 4 ukuran jenis :low, medium, high and extra-high density.

    Untuk menghasilkan gambar-gambar ini, kalian harus mulai dengan resources raw(bahan mentah) kalian, dalam format vektor ,untuk menghasilkan gambar untuk setiap density menggunakan skala ukuran berikut:

    • xhdpi: 2.0

    • hdpi: 1.5

    • mdpi: 1.0 (baseline)

    • ldpi: 0.75


      Ini artinya ketika kalian ingin menampilkan gambar ukuran 200×200,  untuk perangkat bertipe  xhdpi.Kalian juga harus  menampilkan gambar yang sama dengan ukuran 150×150 untuk perangkat bertipe  hdpi, 100×100  untuk perangkat bertipe mdpi,dan  75×75  untuk perangkat  bertipe ldpi .

      Kemudian tempatkan pada file resource drawable seperti ini:

      Quote:

       ProjectKalian/

          res/

              drawable-xhdpi/

                  gambar.png

              drawable-hdpi/

                  gambar.png

              drawable-mdpi/

                 gambar.png

              drawable-ldpi/

                  gambar.png


      Jadi secara otomatis ketika kalian memanggil  @drawable/gambar,sistem akan memilih bitmap yang sesuai berdasarkan density layar.

      • You must be logged in to reply to this topic.