Penjelasan Literal dan Konstanta

  • Post
    codeorayo
    Keymaster
    none
    Penjelasan Literal dan Konstanta

    [img width=602,height=400]https://www.belajarcpp.com/wp-content/uploads/2018/01/8.-Post-Image-1.png[/img]Pengertian KonstantaKonstanta adalah tetapan dari suatu nilai yang bersifat tetap. Nilai akan ditetapkan saat sebelum kompilasi program, data tersebut tidak akan bisa diubah sepanjang kode sumber program dan di saat program tersebut sedang berjalan (runtime).

    Pengertian LiteralLiteral adalah jenis yang paling jelas dari konstanta, Mereka digunakan untuk mengekspresikan nilai-nilai tertentu dalam kode sumber dari sebuah program.

    [table]

    [tr]

    [td]1
    [/td]
    [td]

    Code:

    x = 2 ;

    [/td][/tr][/table]
    Nilai 2 merupakan sebuah literal constant.

    Dan dibawah ini merupakan macam-macam Literal Constant.

    Integer LiteralInteger Literal adalah bilangan konstanta yang mengidentifikasi nilai-nilai integer. Dalam penulisan Integer Literal tidak membutuhkan dua buah tanda petik seperti apa yang dilakukan pada 

    Code:

    char

     atau 

    Code:

    string

    .

    Untuk melakukan Integer Literal dilakukan dengan hanya menulis angka dari nilai yang dimaksud, contoh: 

    Code:

    123

    . angka tersebut akan dibaca sebagai decimal base, yang ditulis tanpa menggunakan spesial karakter.

    Selain bilangan Desimal, C ++ juga memungkinkan untuk penggunaan bilangan Oktal (Basis 8) yang penulisanya di awali dengan angka 

    Code:

    Hexadecimal (Basis 16) yang penulisanya diawali dengan 

    Code:

    0x

    , dan Biner(C++14) (Basis 2) yang penulisanya diawali dengan 

    Code:

    0b

    .

    Prefix      Sistem Bilangan

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td].[/td][td]Desimal[/td]
    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [tr]

    [/tr]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]

    Code:

    0

    [/td]

    [td]Oktal[/td]
    [td]

    Code:

    0x

    [/td]

    [td]Hexsadesimal[/td]
    [td]

    Code:

    0b

    [/td]

    [td]Biner[/td]

    Contoh Penulisan

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]1

    2

    3

    4
    [/td]

    [td]

    Code:

    75     

    Code:

    //Decimal


    Code:

    0113       

    Code:

    //Octal


    Code:

    0x4d       

    Code:

    //Hexadecimal


    Code:

    0b110101   

    Code:

    //Biner


    [/td]

    Contoh Program

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]1

    2

    3

    4

    5

    6

    7

    8

    9
    [/td]

    [td]

    Code:

    int

    Code:

    main ()


    Code:

    {


    Code:

        

    Code:

    int

    Code:

    x = 75;    

    Code:

    //Decimal


    Code:

        

    Code:

    x = 0113;      

    Code:

    //Octal


    Code:

        

    Code:

    x = 0x4d;      

    Code:

    //Hexadecimal


    Code:

        

    Code:

    x = 0b110101;  

    Code:

    //Biner


     

    Code:

        

    Code:

    return

    Code:

    0;


    Code:

    }


    [/td]

    Integer Literal juga dapat memiliki akhiran (Suffix) yang menyatakan type modifikasi . tapi untuk pemberian konstanta biasanya pada beberapa kompilator hal ini dapat dimengerti otomatis oleh kompilator tanpa menggunakan akhiran tersebut. Di bawah ini adalah beberapa akhiran yang dapat digunakan dalam Integer Literal:

    Suffix       Keterangan

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [tr]

    [/tr]

    [tr]

    [/tr]

    [tr]

    [/tr]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]

    Code:

    u

     atau 

    Code:

    U

    [/td]

    [td]Unsigned Int[/td]
    [td]

    Code:

    l

     atau 

    Code:

    L

    [/td]

    [td]Long Int[/td]
    [td]

    Code:

    ul

     atau (

    Code:

    Ul

    Code:

    uL

    Code:

    UL

    Code:

    lu

    Code:

    Lu

    Code:

    lU

    Code:

    LU

    )[/td]

    [td]Unsigned Long Int[/td]
    [td]

    Code:

    ll

     atau (

    Code:

    Ll

    Code:

    lL

    Code:

    LL

    )[/td]

    [td]Long Long Int[/td]
    [td]

    Code:

    Ull

     atau (

    Code:

    uLL

    Code:

    Ull

    Code:

    ULL

    Code:

    llu

    Code:

    llU

    Code:

    LLu

    Code:

    LLU

    )[/td]

    [td]Unsigned Long Long Int[/td]

    Contoh Penulsan

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]1

    2

    3

    4

    5

    6

    7

    8

    9
    [/td]

    [td]

    Code:

    65 

    Code:

    //int


    Code:

    65u

    Code:

    //unsigned


    Code:

    65l

    Code:

    //long


    Code:

    65ul   

    Code:

    //unsigned long


    Code:

    65ll   

    Code:

    //long long


    Code:

    65ull  

    Code:

    //unsigned long long


    Code:

    65U

    Code:

    //unsigned


    Code:

    65LU   

    Code:

    //unsigned long


    Code:

    65LLU  

    Code:

    //unsigned long long


    [/td]

    Contoh Program

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]1

    2

    3

    4

    5

    6

    7

    8

    9

    10

    11

    12
    [/td]

    [td]

    Code:

    #include


    Code:

    int

    Code:

    main ()


    Code:

    {


    Code:

        

    Code:

    int

    Code:

    x = 65;

    Code:

    //Int


    Code:

        

    Code:

    x = 65u;   

    Code:

    //Unsigned


    Code:

        

    Code:

    x = 65l;   

    Code:

    //Long


    Code:

        

    Code:

    x = 65ul;  

    Code:

    //Unsigned Long


    Code:

        

    Code:

    x = 65ll;  

    Code:

    //Long Long


    Code:

        

    Code:

    x = 65ull; 

    Code:

    //Unsigned Long


    Code:

        

    Code:

    x = 65llu; 

    Code:

    //Unsigned Long Long


    Code:

        

    Code:

    return

    Code:

    0;


    Code:

    }


    [/td]

    Floating-point literalFloating-point literal adalah suatu literal yang memiliki bagian integerdecimal, pecahan, dan eksponen. Anda dapat mewakili floating point literal dalam bentuk decimal atau bentuk eksponensial.

    Contoh                        Penulisan

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]
    [/td]
    [td]

    Code:

    314159E-5L 

    Code:

    // Legal


    Code:

    3.14159    

    Code:

    // 3.14159


    Code:

    6.02e23    

    Code:

    // 6.02 x 10^23


    Code:

    1.6e-19    

    Code:

    // 1.6 x 10^-19


    Code:

    3.0    

    Code:

    // 3.0


    [/td]

    Floating-point literal menyatakan tipe data float atau long double bisa diwakili menggunakan akhiran sebagai berikut.

    SuffixData Type

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]

    Code:

    f

     atau 

    Code:

    F

    [/td]

    [td]Float[/td]
    [td]

    Code:

    l

     atau 

    Code:

    L

    [/td]

    [td]Long Double[/td]

    Contoh Penulisan

    [table]

    [tr]

    [/tr]

    [/table]

    [td]
    [/td]
    [td]

    Code:

    3.14159L   

    Code:

    // long double


    Code:

    6.02e23f   

    Code:

    // float


    [/td]

    Literal BooleanAda dua literal untuk Boolean dan mereka adalah bagian dari kata kunci C++ standar:

    • Code:

      true

       : Sebuah nilai yang berarti Benar 

      Code:

      1

    • Code:

      false

       : Sebuah nilai yang berarti Salah 

      Code:

      .


      Kita dapat mewakili kata kunci 

      Code:

      true

       dengan angka 

      Code:

      1

      , dan kata kunci 

      Code:

      false

       dengan angka 

      Code:

      .

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]
      [/td]
      [td]

      Code:

      bool

      Code:

      myVarTrue =

      Code:

      true

      Code:

      ;     

      Code:

      //1


      Code:

      bool

      Code:

      myVarFalse =

      Code:

      false

      Code:

      ;   

      Code:

      //0


      [/td]

      Character dan String literalsCharacter Literal diapit dengan tanda kutip tunggal 

      Code:

       dan String Literal diapit dengan tanda kutip ganda 

      Code:

      , hal itu digunakan untuk membedakan mereka dari identitas suatu variabel / object atau standar kata kunci pada C++.

      Dalam Character atau String Literals dapat memuat karakter polos, misalnya: a-z,0-9 dan simbol lainya, Escape Sequances, misalnya: 

      Code:

      t

      Code:

      n

       dan lain-lain, dan karakter universal, misalnya: 

      Code:

      u02C0

       dan lain-lain.

      Contoh Penulisan

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]
      [/td]
      [td]

      Code:

      ‘a’

                      

      Code:

      //Character Literal


      Code:

      ‘B’

                      

      Code:

      //Character Literal


      Code:

      “BelajarC++”

                     

      Code:

      //String Literal


      Code:

      “BelajarCppnTempat Belajar C++”

         

      Code:

      //String Literal


      [/td]

      Pada Character dan String Literal terdapat kode untuk mewakili karakter khusus yang tidak bisa dinyatakan langsung di dalam kode sumber program. Kode untuk mewakili karakter khusus yang dimaksud selalu di awali dengan tanda backslash 

      Code:

      , Seperti Newline 

      Code:

      n

      tab 

      Code:

      t

       dan lain-lain. hal itu disebut sebagai Escape Sequances atau Escape Code.

      Contoh Penulisan

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]
      [/td]
      [td]

      Code:

      ‘n’


      Code:

      ‘t’


      Code:

      “Kanan t Kiri”


      Code:

      “satunduantiga”


      [/td]

      Dalam penulisan String Literal kita juga dapat melakukan penulisan dengan cara terpisah. Hal ini sama, akan menghasilkan satu string.

      Contoh Penulisan

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]
      [/td]
      [td]

      Code:

      “Satu”

      Code:

      “t”

      Code:

      “Dua”


      Code:

      //Penulisan tersebut sama seperti penulisan:


      Code:

      “SatutDua”


      [/td]

      Dan di dalam string literal kita juga dapat melakukan penulisan dengan break line atau menulis di baris selanjutnya. Hal itu dapat kita lakukan menggunakan tanda backslash 

      Code:

       pada akhir dari baris, tanda tersebut akan menggabungkan string selanjutnya yang ada pada baris-baris dibawahnya.

      Contoh Penulisan

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]
      [/td]
      [td]

      Code:

      “Hallo,


      Code:

      Selamat datang di


      Code:

      BelajarC++”


      [/td]

      Contoh penulisan di atas akan menghasilkan.

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]1
      [/td]
      [td]

      Code:

      “Hallo, Selamat Datang di BelajarC++”


      [/td]

      String merupakan kumpulan dari character 

      Code:

      char

      . Dalam 

      Code:

      char

       kita juga dapat menentukan jenis karakter yang akan kita pakai. Dengan menambahkan awalan (Prefix) sebagai berikut.

      Prefix    Character Type

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]

      Code:

      L

      [/td]

      [td]

      Code:

      wchar_t

      [/td]

      [td]

      Code:

      U

      [/td]

      [td]

      Code:

      char32_t

      [/td]

      [td]

      Code:

      u

      [/td]

      [td]

      Code:

      char16_t

      [/td]

      Dan untuk string memiliki dua awalan tambahan.

      Prefix   Keterangan

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]

      Code:

      R

      [/td]

      [td]Raw String (String Mentah)[/td]
      [td]

      Code:

      u8

      [/td]

      [td]String literal encoded dalam eksekusi menggunakan UTF-8[/td]

      Dekalarasi dengan nilai tetapDalam bahasa pemrograman C++ terdapat dua cara untuk membuat deklarasi yang memiliki nilai tetap, yaitu menggunakan 

      Code:

      const

       keyword dan 

      Code:

      define

       preprocessor directive.

      Code:

      const

       Keyword

      Code:

      const

       keyword berfungsi untuk merubah sifat dari deklarasi seperti variabel atau object menjadi memiliki nilai tetap atau tidak dapat diubah. Hal ini biasanya digunakan untuk menyimpan nilai dengan menyatakan bahwa nilai tersebut memang sudah standard (nilai pasti), seperti: nilai PI=3.14, kecepatan cahaya dan lain-lain. dengan keyword 

      Code:

      const

       kita dapat membuat nilai pada deklarasi itu tetap terjaga.

      Untuk mendirikan sebuah deklarasi variabel konstanta, kita dapat dirikan sebuah variabel dengan cara seperti biasa dan hanya kita tambahkan keyword 

      Code:

      const

       yang biasanya diletakan pada awal dari deklarasi.

      Bentuk Penulisan

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]1
      [/td]
      [td]

      Code:

      const

      Code:

      dataType identitas = inisialisasi


      [/td]

      Contoh Penulisan

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]1
      [/td]
      [td]

      Code:

      const

      Code:

      float

      Code:

      PI = 3.14;


      [/td]

      Untuk menyatakan variabel konstanta kita diwajibkan untuk melakukan inisialisasi pada variabel konstanta tersebut.

      Contoh Program

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]
      [/td]
      [td]

      Code:

      int

      Code:

      main ()


      Code:

      {


      Code:

          

      Code:

      const

      Code:

      float

      Code:

      PI = 3.14;


      Code:

          

      Code:

      PI = 20;


       

      Code:

          

      Code:

      return

      Code:

      0;


      Code:

      }


      [/td]

      Contoh Program di atas akan memperlihatkan dan membuktikan fungsi dari keyword 

      Code:

      const

      .

      Pada baris ke tiga kita dirikan variabel 

      Code:

      float PI

       dengan sifat konstanta dan pada baris selanjutnya kita coba untuk mengubah nilai dari variabel 

      Code:

      PI

       tersebut. saat kompilasi, kompilator akan menghasilkan pesan error yang teruliskan bahwa “variabel 

      Code:

      PI

       hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah”.

      Quote:

      Biasanya para programmer memberikan identitas untuk sebuah konstanta menggunakan huruf balok pada identitasnya, untuk memudahkan mereka membedakan dengan variabel biasa.

      Code:

      #define

       Preprocessor DirectiveSelain cara yang ada di atas. kita juga bisa menggunakan 

      Code:

      #define

       untuk membuat konstanta. 

      Code:

      #define

       digunakan untuk mendefinisikan suatu nilai tertentu kepada suatu nama konstanta.

      Bentuk Penulisan

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]1
      [/td]
      [td]

      Code:

      #define NAMA_KONSTANTA nilai


      [/td]

      Keterangan :

      NAMA_KONSTANTA : digunakan untuk identitas dari konstanta tersebut.

      nilai : adalah tempat dimana kita dapat mendefinisikan konstanta tersebut dengan nilai, kita tidak hanya dapat mengisinya dengan sebuah nilai (Angka/Karakter/String) tapi kita juga dapat mengisinya dengan sebuah pernyataan.

      nilai pada 

      Code:

      #define

       dapat berupa:

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]
      [/td]
      [td]

      Code:

      #define PI 3.14 //Numerik


      Code:

      #define HURUF ‘B’ //Karakter


      Code:

      #define JABATAN “INSTRUCTOR” //String


      Code:

      #define CETAK std::cout<<"Belajar C++"; //Pernyataan


      Code:

      #define LUAS_KUBUS (n*n) //Ekspresi


      [/td]

      Setelah 

      Code:

      #define

       didirikan di dalam kode program, untuk menggunakanya kita cukup tuliskan 

      Code:

      NAMA_KONSTANTA

      nya saja. Ketika kompilasi semua pemanggilan nama konstanta 

      Code:

      #define

       akan diganti menjadi nilai dari konstanta 

      Code:

      #define

       tersebut.

      Contoh Program

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]
      [/td]
      [td]

      Code:

      #include


      Code:

      #define PI 3.14159 //Konstanta


      Code:

      #define NEWLINE cout<


       

      Code:

      using

      Code:

      namespace

      Code:

      std;


       

      Code:

      int

      Code:

      main ()


      Code:

      {


      Code:

          

      Code:

      const

      Code:

      char

      Code:

      NAMA[]=

      Code:

      “Belajarpp.com”

      Code:

      ;

      Code:

      //Konstanta


      Code:

          

      Code:

      double

      Code:

      hasil;


       

       

      Code:

          

      Code:

      hasil = (PI * 14)*2;


      Code:

          

      Code:

      cout<


      Code:

          

      Code:

      NEWLINE


      Code:

          

      Code:

      cout<


       

      Code:

         

      Code:

      return

      Code:

      0;


      Code:

      }


      [/td]

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]Desimal[/td]
      [td]

      Code:

      0

      [/td]

      [td]Oktal[/td]
      [td]

      Code:

      0x

      [/td]

      [td]Hexsadesimal[/td]
      [td]

      Code:

      0b

      [/td]

      [td]Biner[/td]

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]Desimal[/td]
      [td]

      Code:

      0

      [/td]

      [td]Oktal[/td]
      [td]

      Code:

      0x

      [/td]

      [td]Hexsadesimal[/td]
      [td]

      Code:

      0b

      [/td]

      [td]Biner[/td]

      [table]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [tr]

      [/tr]

      [/table]

      [td]Desimal[/td]
      [td]

      Code:

      0

      [/td]

      [td]Oktal[/td]
      [td]

      Code:

      0x

      [/td]

      [td]Hexsadesimal[/td]
      [td]

      Code:

      0b

      [/td]

      [td]Biner[/td]
    • You must be logged in to reply to this topic.