Software Testing dalam lingkup Software Engineering(1)

  • Post
    codeorayo
    Keymaster
    none
    Pengujian adalah proses yang digunakan untuk membantu mengidentifikasi kebenaran, kelengkapan dan kualitas perangkat lunak komputer yang dikembangkan. Pengujian perangkat lunak adalah menjalankan perangkat lunak dalam lingkungan simulasi atau nyata, menggunakan input yang dipilih dengan cara yang ditentukan. Dengan kata sederhana, pengujian perangkat lunak adalah kegiatan untuk memeriksa apakah sistem perangkat lunak bebas cacat. Pengujian pada perangkat lunak ini dimaksudkan untuk mendeteksi kesalahan sehingga produk dapat diperbaiki sebelum rilis ke pengguna akhir. Dalam istilah sederhana, pengujian perangkat lunak adalah kegiatan untuk melihat bahwa sistem perangkat lunak bebas dari cacat. Kasus perangkat lunak pada dasarnya terdiri dari tiga komponen, yaitu persyaratan masukan, persyaratan keluaran, dan sistem yang bersangkutan.

    Tujuh Prinsip Pengujian

    1. Pengujian menunjukkan adanya cacat (defect)

    2. Pengujian menyeluruh tidak mungkin dilakukan

    3. Pengujian awal

    4. Defect clustering

    5. Pesticide paradox

    6. Pengujian tergantung pada konteks

    7. Tidak adanya kesalahan – kesalahan

    Pengujian perangkat lunak terdiri dari verifikasi dinamis bahwa sebuah program memberikan perilaku yang diharapkan pada sekumpulan test cases yang sesuai, yang dipilih secara sesuai dari domain eksekusi yang biasanya tidak terbatas.

    Dynamic (dinamis) : Istilah ini berarti bahwa pengujian selalu menyiratkan pelaksanaan program pada input yang dipilih. Tepatnya, nilai input saja tidak selalu cukup untuk menentukan sebuah tes, karena kompleks, sistem nondeterministik mungkin bereaksi terhadap input yang sama dengan perilaku yang berbeda, tergantung pada keadaan sistem. Dalam Knowledge Area Software Testing, bagaimanapun, istilah “input” akan dipertahankan, dengan konvensi tersirat bahwa maknanya juga mencakup keadaan input yang ditentukan dalam kasus-kasus yang menjadi hal penting. Teknik static (static techniques) berbeda dan saling melengkapi dengan pengujian dinamis (dynamic testing). Static techniques tercakup dalam Knowledge Area Software Quality. Perlu dicatat bahwa istilah itu tidak seragam di antara komunitas yang berbeda dan beberapa menggunakan istilah “testing” juga mengacu pada teknik statis (static techniques).

    Finite (terbatas) : Bahkan dalam program sederhana, begitu banyak test case yang secara teoritis memungkinkan pengujian menyeluruh bisa memerlukan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk dieksekusi. Inilah sebabnya, dalam praktiknya, satu set tes yang lengkap umumnya dapat dianggap tidak tepat, dan pengujian dilakukan pada subset dari semua tes yang mungkin, yang ditentukan oleh kriteria risiko dan prioritas. Pengujian selalu menyiratkan antara sumber daya terbatas dan jadwal di satu sisi dan persyaratan pengujian yang tak terbatas secara inheren di sisi lain.

    Selected (terpilih) : Banyak teknik pengujian yang diajukan berbeda secara mendasar dalam bagaimana rangkaian tes dipilih, dan software engineer harus sadar bahwa kriteria seleksi yang berbeda dapat menghasilkan tingkat efektivitas yang jauh berbeda. Bagaimana mengidentifikasi kriteria seleksi yang paling sesuai dengan kondisi yang ada adalah masalah yang kompleks. Dalam praktiknya, teknik analisis risiko dan keahlian rekayasa perangkat lunak diterapkan.

    Expected (diharapkan) : Harus dimungkinkan, meski tidak selalu mudah, untuk memutuskan apakah hasil pengujian program yang teramati dapat diterima atau tidak. Jika tidak, upaya pengujian tidak ada gunanya. Perilaku yang diamati dapat diperiksa terhadap kebutuhan pengguna (biasanya disebut pengujian validasi), terhadap spesifikasi (pengujian verifcasi), atau, mungkin, terhadap perilaku yang diantisipasi dari persyaratan implisit atau harapan (dibahas dalam Knowledge Area Software Requirements bagian Acceptance Tests).

    http://se.ittelkom-pwt.ac.id/software-testing-dalam-lingkup-software-engineering/

    Ampuh! Ini rahasia mengembangkan aplikasi secara instan, tinggal download dan kembangkan. Gabung sekarang juga! Premium Membership [PRIVATE] https://premium.codeorayo.com
  • You must be logged in to reply to this topic.