Tips Web Desain E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan

  • Post
    codeorayo
    Keymaster
    none
    Web desain dalam situs web E-Commerce memegang peranan penting untuk mengubah pengunjung web menjadi pelanggan. Idealnya, web desain yang dibuat harus membuat proses pembelian menjadi cepat dan mudah. Meskipun produk atau layanan yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik, namun Anda tetap bisa kehilangan calon pelanggan potensial jika web desain yang Anda gunakan justru mempersulit proses penjualan.

    Web desain yang baik dapat mempengaruhi konversi serta mampu memperkuat kepercayaan pengunjung terhadap brand Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat web desain yang baik untuk situs web E-Commerce.

    1. Mengkategorikan produk

    Dengan mengkategorikan produk, pengunjung dapat menemukan apa yang mereka cari secara lebih cepat. Pengkategorian produk dapat menjadi solusi yang sangat baik jika website Anda menyediakan produk dalam jumlah yang banyak. Jika Anda memilih untuk menggunakan menu dropdown, harus diperhatikan bahwa menu tidak menutup tampilan konten lain di halaman tersebut. Anda juga bisa menambahkan filter di dalam website untuk memudahkan pelanggan. Fitur ini dapat mengurutkan produk sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelanggan, mulai dari harga, ukuran, warna, atau untuk mencari produk terpopuler.

    2. Highlight kelebihan layanan Anda

    Jika layanan yang Anda berikan memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan kompetitor lain, seperti gratis pengiriman atau kebijakan refund, maka Anda dapat menonjolkannya di situs web Anda. Hal ini dapat membantu meyakinkan pengunjung web untuk menggunakan layananan Anda daripada kompetitor.

    3. Perhatikan tampilan visual

    Ketika Anda memberikan perhatian lebih melalui warna atau lightbox untuk produk diskon atau produk terakhir, maka Anda akan memunculkan urgensi bagi pengunjung yang menaruh minat pada produk tersebut. Hal ini dapat membuat pengunjung untuk segera melakukan tindakan atau pembelian pada produk tersebut.

    4. Tambahkan testimoni pelanggan

    Bukan rahasia lagi bahwa banyak konsumen cerdas yang mencari ulasan pelanggan lain sebelum membuat keputusan pembelian. Dengan menambahkan testimoni pelanggan, Anda dapat meyakinkan pengunjung bahwa website E-Commerce Anda bekerja secara jujur dan dapat dipercaya.

    5. Gunakan GIF sebagai pengganti gambar

    Jika produk yang Anda tawarkan tersedia dalam berbagai macam pilihan warna, Anda juga bisa memanfaatkan gambar produk dengan format GIF. Gambar produk Anda akan menjadi jauh lebih interaktif bagi konsumen yang melihatnya. Namun perlu diperhatikan untuk tidak terlalu sering menggunakan gambar GIF, karena dapat membuat mata pengunjung merasa tidak nyaman. Anda dapat menempatkan satu atau dua gambar GIF di halaman produk, dan selebihnya Anda bisa menggunakan foto produk biasa.

    6. Menampilkan pesan interaktif

    Untuk meninggalkan kesan yang baik bagi pengunjung atau pelanggan, Anda dapat membuat pesan interaktif ketika pengunjung melakukan suatu tindakan. Sebagai contoh, Anda dapat memunculkan pesan berbunyi “Anda membuat pilihan yang tepat!” ketika pelanggan memasukkan item ke keranjang belanja. Anda juga bisa memunculkan pesan berupa ucapan terimakasih ketika pelanggan menyelesaikan proses pembelian dengan menampilkan pesan berbunyi “Terima kasih telah berbelanja bersama kami, barang yang Anda beli akan segera kami proses!”

    https://www.logique.co.id/blog/2019/04/24/web-desain-e-commerce-website/

  • You must be logged in to reply to this topic.